Apa sih blog itu??

Apa sih blog itu?? Inilah yang sering ditanyakan teman-teman saya. Bagi yang sering berinternet tentu sudah tidak asing dengan yang namaya “Blog” namun lain halnya dengan teman-teman yang jarang berinternet.

Mengutip dari Wikipedia.com, Blog adalah singkatan dari "web log" yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Disadari atau tidak peningkatan penggunaan internet saat ini turut meningkatkan popularitas Blog di Indonesia, tulisan para Blogger mulai ada yang dibukukan dan bahkan di filmkan, masih ingat dengan Raditya Dika si kambing jantan kan?? Hebat pisan eu… popularitasnya g’kalah deh dengan Andi malarangeng ato tokoh2 politik lainnya, Btw kenapa Radit g’ikut nyalon Caleg juga ya? :) hehehe..

Terus Apa beda Blog dengan Website ?
Pertama silahkan bandingkan Blog (ex: rofikdawami.blogspot.com) dengan Website (ex: Wikipedia.com), apabila dicermati akan terlihat perbedaan blog dengan website:
1.    Blog umumnya dikelola secara perorangan secara personal jurnal/ online diary
2.    Biasanya di Blog akan ditemukan link ke web/blog lain yang dia sukai
3.    Bersifat kronologis berurut dari artikel terbaru, artikel kemarin, dst dan pembahasan 
       dikelompokkan ke topic tertentu (Arsip/label)
4.    Yang terpenting dan yang membedakan Blog dengan website adalah adanya tempat buat orang lain berkomentar (biasanya ada di bawah postingan)
Bagi yang ingin membuat blog, anda tidak perlu pusing  karena saat ini telah banyak layanan Blog gratis, dari multiply.com, blogdetik.com, dan yang paling popular wordpress.com dan blogspot.com

Manfaat sebuah Blog :
Ada banyak manfaat dari sebuah blog antara lain:
1.    Sebagai ajang ekspresi diri
2.    Sarana berbagi pengetahuan dengan orang lain, atau sebagai buku diary elektronik
3.    Dapat menambah teman dan pengetahuan.
4.    Sebagai sarana mencari duit, :) hehe..

Hm.. lalu apa syarat jadi seorang Blogger ??
Menurut saya tidak ada syarat apapun, karena Blog adalah ajang ekspresi diri.. jadi selama anda suka menulis atau setidaknya suka isi dari Blog anda, itu sudah cukup.

Evan Williams, pendiri Blogger.com berpendapat, "Mayoritas Blogger adalah anak-anak muda atau mahasiswa. Dan banyak diantara mereka yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.".

Artikel ini berjudul Apa sih blog itu??, dengan url http://rofikdawami.blogspot.com/2011/01/apa-sih-blog-itu.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 0 komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di ini dikumpulkan dari berbagai sumber, anda bebas untuk berkomentar, mengkritik, kasih saran ataupun Nyepam.. tapi yang SOPAN ya....
Terimakasih.


Warning: Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan "Halal" untuk saya hapus