Menambahkan Gadget pada Blogspot

gadget[20]

Fitur Gadget pada blogspot merupakan fitur unggulan dari blogspot, untuk kita tahu ada berbagai fungsi gadget pada blogspot antara lain untuk mngetahui statistik blog kita, memasukkan kode html, atau untuk memasang profil narsis kita Happy hehehe..

Menu Gadget blogspot diklompokkan dalam berbagai kategori ; Dasar-dasar, Unggulan, Paling populer, dan menu Gadget lainnya.

Gadget dasar, sekarang terdiri dari 22 Gadget dan semuanya dibuat oleh Blogger sendiri (kecuali kotak penelusuran: oleh google custom search)

Lebih lengkapnya silahkan ikuti uraian berikut ini :

1. Entri Populer
entri populer

Gadget ini merupakan salah satu fitur terbaru dari blogger. Dengan gadget ini kita bisa membuat widget daftar urut berdasarkan kepopulerannya, artikel yang paling populer (paling banyak dibaca) akan berada di atas, dan seterusnya.

2. Statistik Blog

2

Gadget ini berfungsi untuk mengetahui statistik blog kita, yaitu berapa jumlah pengunjung blog kita hari ini atau jumlah pengunjung total blog kita.


3. Laman

3

Gadget ini Berfungsi untuk menambahkan menu tab baru dibawah logo header. Sehingga Tampilan blog kita akan lebih menarik dan lebih profesional, selain itu pengunjung akan lebih mudah dalam menjelajahi blog kita.

4. Pengikut.

image

Gadget ini Berfungsi untuk Menampilkan daftar pengguna yang mengikuti blog kita, Kegunaannya adalah si pengikut akan segera tahu apabila ada artikel terbaru yang terposting di blog yang ia ikut, dan ini akan langsung tampil di Dasbor si pengikut, gadget ini bisa dikatakan memiliki peranan dalam mempermudah kedua belah pihak, antara si pemilik dan si pengikut. Agar lebih gampang seperti ini ilustrasinya: Si A mengikuti Blog si B, maka si A akan dengan cepat mengetahui apabila ada postingan terbaru dari blog si B, karena postingan terbaru tersebut akan langsung tampil di dasbornya si A, tatkala ia login/ masuk ke akun blogger-nya. sedangkan kegunaan bagi si pemilik blog yaitu untuk mempermudah penyebaran postingan terbarunya.

5. Kotak Penelusuran.

4

Gatget ini berfungsi untuk menelusuri isi blog-blog, blogroll, atau apapun yang pernah Anda tauti ke dalam blog kita. Kita juga bisa mengatur Gatget penelusuran ini hanya untuk mencari isi yang berada di blog kita saja. Blog ini menggunakan gatget penelusuran khusus blog ini saja. Gadget penelusuran ini di dukung oleh Om Google, jadi gak perlu khawatir tentang kualitas pencariannya. Apabila anda belum ada gambaran bagaimana bentuk gadget ini setelah dipasang ke blog anda, anda bisa menengok di bagian atas postingan blog ini.

6. HTML/ JavaScript.

image

Gadget ini berfungsi untuk menambahkan kode HTML/ script ke blog kita. Kode script itu biasanya bermacam-macam, ada yang berupa kode script iklan, banner, dll. 


7. Teks.

5

Dengan gadget ini kita bisa menambah kata-kata favorit di blog yang kita punyai. Kita bisa memasukkan kata-kata mutiara, ucapan selamat datang, bahkan puisi sekalipun.


8. Gambar.

5[4]

Melalui gadget ini kita bisa menambah suatu gambar ke blog milik kita. Entah itu gambar dari komputer atau suatu web. Selain itu kita juga bisa membuat link tujuan gambar tersebut, contohnya saja teman-teman memiliki posting tentang masjid atau tentang ka'bah, maka teman-teman bisa memasang gambar masjid atau ka'bah tersebut ke blognya teman-teman dengan link yang bertujuan ke postingan yang isinya tentang masjid dan ka'bah tadi.

9. tampilan Slide.

1

Dengan Gadget ini kita bisa memunculkan tampilan slide di kita . Slide yang akan ditampilkan sudah disediakan oleh pihak blogger.com itu sendiri, jadi kita tinggal mengaktifkannya. Sebelum mengaktifkan gadget ini, kita juga bisa mengatur jenis tampilan slide-nya nanti seperti apa. hehehe.. menarik bukan?

10. Baris Video.

1[4]

Dengan gadget ini kita bisa menambah video klip dari Youtube atau video Google, sehingga para pengunjung bisa menontonnya. Hebatnya lagi, para pengunjung  dapat menonton video tadi tanpa harus meninggalkan halaman posting, kita juga bisa mensettingnya dengan menggunakan kotak keyword yang tersedia.

11. Polling.

1[6]

Dengan gadget ini anda bisa melakukan survey terhadap para pengunjung. Apakah kegunaan dari survey tersebut? Dengan adanya survey tersebut kita akan mengetahui sampai di manakah daya tarik pembaca terhadap blog yang kita kelola ini, sehingga kita bisa memantau kualitaf dari isi blog kita.

12. Daftar Blog.

1[8]

Dengan gadget ini kita dapat menampilkan blog faforit kita. Kita cukup menulis link blog faforit anda, lalu klik tombol tambah. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk pergi ke blog tersebut, tanpa harus menghafal alamat URL-nya atau mungkin dengan tujuan lain seperti sebagai referensi blog anda.

13. Daftar Link.

1[10]

Gadget yang ini kegunaannya hampir sama dengan gadget di atas. Namun untuk gadget yang satu ini, yang muncul hanya link-nya saja. Hehe.. Namanya juga Daftar Link. Gadget ini dapat anda manfaatkan untuk tujuan tukar link, atau sebagai blog roll (link ke teman-teman blogger lainnya).

14. Daftar.

1[12]

Dengan gadget ini, kita bisa menambah daftar buku kesukaan kita, film kesukaan kita, atau apapun yang memang kita rasa penting untuk didaftarkan ke blog kita.


15. Feed.

1[14]

Dengan Gadget ini kita bisa menyisipi feed RSS atau Atom ke blog milik kita.

 

16. NewsReel.

1[16]

Dengan gadget ini, Kita dapat menampilkan tajuk google news dari blog secara otomatis .

 

17. Label.

1[18]

Dengan gadget ini kita dapat menampilkan label/ kategori semua postingan yang telah kita buat. Dengan adanya label/ kategori para pengunjung akan merasa lebih mudah dalam mencari artikel yang mereka butuhkan. Contohnya blog anda membahas tentang bisnis. Sedangkan artikel anda banyak sekali yang membahas tentang bisnis, dengan tersedianya gadget label ini, anda dapat mengkategorikan postingan anda, sehingga para pengunjung menjadi mudah untuk menemukan postingan-postingan yang mereka cari. Contoh label yang berkaitan dengan bisnis: Bisnis Sampingan, bisnis online, dll.

18. Tautan Berlangganan.

1[20]

Dengan gadget ini kita dapat menampilkan fitur langganan. Sehingga Memudahkan para pembaca untuk berlangganan artikel blog kita.

 

19. Logo.

1[22]

Bila Kita ingin menampilkan logo Blogger.com, kita tinggal manfaatkan saja gadget ini.

 

20. Profil.

1[24]

Dengan Gadget ini, kita dapat menampilkan profil blogger kita di blog milik kita. dengan adanya profil blogger, pengunjung dapat lebih mengenal diri kita atau sebagai tanda bukti kepemilikan blog.


21. Arsip Blog.

1[26]

Kita dapat menampilkan arsip blog kita dengan menggunakan gadget ini. Apa itu arsip? Singkatnya, apabila kita menambahkan gadget ini ke dalam blog kita, maka para pengunjung blog kita, dapat melihat semua daftar postingan kita, atau biasanya beberapa blogger menamakan gadget ini sebagai daftar isi, karena memang manampilkan semua isi/ postingan di blog kita.

22. Header Halaman.

1[28]

Dengan gadget ini kita dapat memodifikasi/ mengatur ulang header blog kita, kita bisa menggunakan gadget ini seperti halnya jika kita ingin memodif header blog dengan menambahkan gambar di dalamnya (sebagai latar atau background).

 

Semoga Bermanfaat Happy


Artikel ini berjudul Menambahkan Gadget pada Blogspot, dengan url http://rofikdawami.blogspot.com/2011/01/menambahkan-gadget-pada-blogspot.html
Klik di sini untuk melihat daftar isi blog ini.

Baca Juga Artikel Yang Ini

{ 8 komentar... Baca Semua / Tulis Komentar ! }

Dewata Teknologi | Adis mengatakan...

wah lengkap banget penjelesannya sob :)

Firdiansyah mengatakan...

Terimakasih banyak ya.....

Kawayudha mengatakan...

Jadi lbih tau nih soal gadget di blogspot
makasih, sob..

TOKO BUKU RAHMA mengatakan...

Gan mau tanya nich. Gadget penelusuran sdh dipasang dari awal (sdh 2 bulan), tapi tidak bisa mencari kata dalam blog sendiri, sedang mencari dari link malah bisa. Dalam konfigurasi sudah dibuat blog sendiri dan di link, tapi tetap untuk mencari di blog sendiri tidak bisa. apa permasalahannya ya gan, terus gimana ngatasinya. mksh.

TINJOWAN mengatakan...

Thanks infonya Gan..

Anonymous mengatakan...

Makasih banyak kontol

Anonim mengatakan...

Jaga mulut woy

menyentuh hati mengatakan...

haha gokil bet yg komen diatas

Posting Komentar

Informasi yang tersedia di ini dikumpulkan dari berbagai sumber, anda bebas untuk berkomentar, mengkritik, kasih saran ataupun Nyepam.. tapi yang SOPAN ya....
Terimakasih.


Warning: Komentar yang mengandung Sara, Pornografi dan Berbau Iklan "Halal" untuk saya hapus